Pencanangan Kawasan Agrowisata Distrik Sentani Barat

 

Bupati Jayapura sahat mencanangkan Distrik Sentani Barat Sebagai Kawasan Agrowisata dengan ditandai pemberian bibit kepada perwakilan petani.

Maribu.- Bertempat di Kampung Maribu Distrik Sentani Barat Kabupaten Jayapura, 08 November 2018.  Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si. telah mencanangkan Distrik Sentani Barat sebagai Kawasan Agrowisata. Pencangan ini secara resmi ditandahi dengan penanaman dan penyerahan bibit unggul Jeruk Manis  (Citrus sinensis Osb) dan juga bibit Rambutan.

Landasan kebijakan pencanangan Distrik Sentani Barat sebagai kawasan Agrowisata yakni letak wilayah yang stategis dan lahan tanah yang subur dengan luas wilayah pertanian ± 50.000 hektar (ha).

Kepala Dinas Pariwisata sahat melakukan penanam bibit Rambutan

Menanggapi akan pencanangan ini salah satu tokoh pemuda asli lemba moy Yusak Andato dalam sambutan nya beliau mengatakan sangat menyambut baik dan sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura yang sudah berusaha dalam mengangkat pendapatan ekonomi masyarakat yg ada di dataran lembah moy dengan terselenggaranya kegiatan pencanangan ini dan kami bersama dewan adat akan meyerakan tanah seluas 50.000 hektar.

“Oleh sebab itu kita masyarakat yang berada di bawa dataran lemba moy kita arus menyambut baik pikiran pemerintah hari ini karena pikiran hari adalah bagaimana pemerintah mau mengangkat ekonomi masyarakat yang berada di lemba moy dan kita akan menyerakan tanah 50 ribu hektar kepada pemerintah kabupaten jayapura dengan surat yang jelas dari masyarakat dan itu ada acara khusus lagi..”

Kepala Dinas KOMINFO Kab.Jayapura bersama rombongan sahat melakukan panen raya buah jeruk manis

Kemudian dalam sambutan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si.  beliau mengatakan bawah setiap kampung yang berada di lemba moy ini arus menganggarkan dana untuk memulai Agrowisata itu, dan kita arus memetakan kawasan yang ada di wilayah distrik sentani barat sehingga batas-batas lokasi bisa di ketahui. Dan pemetahan ini arus diserakan kepada BPN untuk di sahkan sehingga bisa mendapatkan kepastian hukum.

“masyarakat sendiri yang arus mewujudkan ini bukan orang lain, karena itu kita arus mulai. Kampung-kampung yang ada itu arus menganggarkan dana untuk mewujudkan. Dan kawasan ini arus dipetakan dulu tim pemetahan ada di kabupaten untuk melakukan pemetahan tapi mereka tidak bekerja sendiri mereka akan bekerja sama dengan DAS moy, pemetahan ini kita akan serakan kepada BPN untuk di sahkan..”

Kegiatan pencanangan ini dilaksanakan atas kerja sama dan dukungan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kab.Jayapura,Dinas Pariwisata Kab.Jayapura, Dewan Adat (DAS) Moy, Pemerintah Distrik Sentani Barat, Pemerintah Kampung Maribu dan Seluruh lapisan Masyarakat yang ada diwilayah Distrik Sentani Barat/Moy.

(edi n)

 

5 Komentar

  1. Sukses agroeisata Sentani barat
    Yg paling penting dr wisata ini adl mempromosikan melalui penayangan adanya spot selfi agar daerah ini menjadi buah bibir khalayak ramai…
    SUKSES taman Agrowisata SEBA sentani barat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*