Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung Maribu Tahun Anggaran 2019

dari kanan Pendamping Lokal Desa Edison Alfred Banundi, sebela kiri Bendahara Kampung Maribu Daniel Nasendi
Kepala Kampung Maribu saat menyampaikan sambutan dalam Pembukaan MUSREMBANG Kampung Maribu

Jumat, 07 Desember 2018,- Bertempat di Kantor Kampung Maribu Distrik Sentani Barat Kabupaten Jayapura telah diselenggarakan Musrembang Kampung Maribu Tahun Anggaran 2019. Yang dihadiri dari berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari wakil-wakil kelompok dan lembaga kampung, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perwakilan perempuan dan dihadiri juga perwakilan dari Distrik, PDTI dan PLD Sentani Barat.

Kegiatan tersebut secara kultural adalah dalam rangka mewujudkan sila ke 4 dari Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Dalam Permusyawaratan Perwakilan” yang menjadi landasan bernegara serta landasan dalam menjalankan seluruh kegiatan pemerintahan. Salah satu  kegiatan yang rutin setiap akhir tahun diadakan oleh pemerintah Kampung ialah Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSREMBANG).

Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Kepala Distrik Sentani Barat dalam hal ini di wakili oleh Kepala seksi Ekbang Distrik Sentani Barat Orgenes Suwae dalam sambutannya mengimbau agar masyarakat yang hadir ini untuk mengusulkan sesuatu kegiatan itu berdasarkan kebutuhan yang ada di dalam kampung.

Peserta Musyawarah saat sedang mengikuti pembahasan Rencana Program Kerja (RKPK) Kampung Maribu Tahun Anggaran 2019

“Baik bapak,ibu tokoh masyarakat,Bamuskam dan kita semua yang hadir ini kita menusulkan satu kegiatan itu berdasarkan dengan kebutuhan yang ada di kampung ini baik itu di pendidikan,kesehatan dan agama sehingga di tahun 2019 kita bisa lihat ada perubahan”.

Musrembang ini membahas program kerja yang akan dikerjakan pada tahun 2019 seingga masyarakat bisa mengetahui dengan harapan bisa membantu proses kelancaran pelaksanaan pembangunan. Adapun hasil rekapitulsi usulan yang akan di usul ke tingkat Musrembang Distrik seperti bidang fisik dan prasarana ada 8 kegiatan antara lain bidang pembangunan 4 kegiatan ( 1. Pembangunan Jalan Lingkar Kampung, 2. Bronjong Sungai 1000 M, 3. Pembuatan Jalan Ekonomi dan 4. Pembangunan Rumah Layak Huni 10 unit) dan bidang pemberdayaan masyarakat ada 4 kegiatan ( 1. Pengembangan/ budidaya ikan air tawar, 2. Pengadaan bibit rambutan dan jeruk, 3. Pengembangan tanaman palawija 10 Ha dan 4. Pengenbangan budi daya tanaman anggrek).

PDTI Distrik Sentani Barat Ifana Kandenafa sedang menyampaikan Materi terkait Dana Bantuan Provinsi (Prospek)

Dan hasil rekapitulasi usulan program yang akan di kerjakan dengan dana yang bersumber dari Dana Desa (ADD), Alokasi Dana Kampung (ADK) dan Prospek ada 20 kegiatan yang akan di bagi dalam 4 bidang yaitu Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Kampung, Bidang Pembangunan Kampung, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Bidang Pembangunan uraian kegiatannya ada 3 kegiatan ( 1, Pembanngunan Rumah Layak Huni (2 unit), 2. Pembangunan Pagar tiga tempat Ibadah : GKI Bethesda Maribu, GKI Masa Mariba dan Mesjid Hal-Muhajirin Panjang Rejo, 3. Pengadaan Bibit Rambutan/Jeruk Manis. Ketiga kegiatan ini adalah kegiatan yang di prioritaskan. admin kampung EdiNasendi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*