Panen Perdana Kebun Sayur Mayur Koperasi ASN “Antroi Doi Nembe” Distrik Sentani Barat.

Foto, Prosesi acara pembukaan panen perdana kebun sayur.

 

Foto, pembukaan kegiatan, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr.Timotius J. Demetouw, SE,M.Si, Kepala Distrik Sentani Barat Betatrix Yabansabra, S.STP dan Kepala Bidang Dinas Kopresi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Jayapura, Okto Fince Suebu 

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr.Timotius J. Demetouw, SE,M.Si, yang di damping Kepala Bidang Dinas Kopresi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Jayapura, Okto Fince Suebu melakukan panen perdana kebun sayur Koperasi ASN “Antroy Doi Dembe” Distrik Sentani Barat Kabupaten Jayapura, di Kampung Waibron area lokasi kantor Distrik (Selasa/26/11/2019).

Distrik Sentani Barat/Moy, Kabupaten Jayapura, diharapkan bisa menjadi penyuplai pemasok sayur mayuran pada kegiatan PON 2020 nantinya. Harapan itu disampaikan oleh Kepala Distrik Sentani Barat Betatrix Yabansabra, S.STP dalam sambutannya.

“Harapan kami adanya kebun pertanian ini sudah bisa memberikan contoh kepada masyarakat sehingga masyarakat  mahu bersaing untuk mengelolah potensi yang ada di wilayah kami yang mana terkenal dengan lahan pertanian yang luas, juga kesuburan tanahnya, sehingga kami bisa mendukung kebijakan Bupati dan bisa memberikan kontribusi untuk meyukseskan  kegiatan PON 2020 nantinya dengan menyuplai sayur sayuran. Dan saya siap untuk mendukung koperasi ini sehingga bisa lebih maju di bidang yang sudah di jalankan ini.”

Sementara itu, Timotius dalam sambutannya mengatakan panen perdana ini dilakukan secara resmi agar semua ASN yang ada ini, hari ini bisa menjadikan koperasi ini menjadi koperasi ASN, dan semua harus bertanggung jawab di bawah kepemimpinan Kepala Distrik Sentani Barat, Sehingga koperasi ini terus berkembang dan bisa menjadi contoh buat kelompok petani lainnya dan bisa memotivasi petani agar  lebih fokus terhadap jenis usaha pertanian sehingga apa yang kita buat ini mendukung kebijakan Bupati Jayapura guna menyukseskan PON 2020 yang akan di gelar di wilayah kita, dan bisa mendukung tingkat perekonomian masyarakat di wilayah ini.

“Panen perdana ini dilakukan secara resmi supaya semua ASN Distrik Sentani Barat bisa menjadikan koperasi ini menjadi koperasi ASN tapi semua harus bertanggung jawab di bawah kepemimpinan Kepalah Distrik, supaya koperasi ini terus berkembang dan menjadi contoh bagi kelompok petani lainnya agar dapat memotivasi petani agar lebih fokus terhadap usaha pertanian, sehingga apa yang kita buat ini bisa mewujudkan dan mendukung kebijakan Bapak Bupati untuk menyukseskan PON 2020 besok yang akan di selenggarakan di wilayah kita”

Foto, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura saat melakukan Panen Perdana buah Mentimun disakiskan semua yang hadir pada kegiatan tersebut.

Dalam laporan Ketua Koperasi Ida Banundi, S.Th menyampaikan bawah usaha pertanian ini tindak lanjut dari PIM III, dan juga upaya untuk mengembangkan dan menjalankan koperasi di bidang pertanian khususnya sayur mayur. lanjut Ida untuk sementara ini kita fokus di beberapa jenis tanaman sayur-sayuran diantaranya sayur sawi, mentimun, jagung, kangkung cabut dan kacang ijau yang sudah di tanam dan siap panen di lahan area kantor distrik kurang lebih 1 (satu) Hektar, dan akan kami kembangkan, untuk itu kami mohon dukungan dari kepala distrik dan istansi terkait.

“Kami memulai usaha koperasi dibidang pertanian khusunya tanaman sayur-sayuran ini sesuai dengan PIM III yang kami ambil, dan juga upaya kami untuk memulai menjalankan usaha koperasi ini, sekarang kita sudah mulai jalan dan kita fukus di tanaman sayur-sayuran yang mana ada beberapa jenis tanaman yang sudah siap panen yaitu, sayur sawi, mentimun, jagung dan kankung cabut. untuk itu kami mohon dukungan dari semua pihak baik itu kepala distrik dan juga istansi terkait”.

Foto, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura saat melakukan panen perdana Jagung dan di sakisikan oleh semua yang hadir pada kegiatan ini.

Turut hadir dalam acara panen perdana tersebut Kepala Kampung Maribu Napolion Tonggroitou, Kepala Kampung Dosay Yunus Yaboisembut, Kepala Kampung Sabron Sari Marwan Hasyim, Perwakilan Tokoh Adat dan Tokoh Masyarat dari masing-masing kampung di wilayah Distrik Sentani Barat. (*admin pemantik nasendi edi*)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*